Hasil Laporan Perubahan Sosial Masyarakat Didesa Ringin

Hasil observasi ini dibuat oleh:
Zainal Abidin (4)
Akhmad selamet azizi (5)
Kevin Rouf(16)
Yuandi(35)
Dari kelas 12 IPS 5
Ditulis oleh : Akhmad selamet azizi
Pengambilan photo:Azizi ,Kevin & Zaenal 


         Tulisan ini  Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan yang mencakup perubahan sosial dari zaman dahulu dan zaman modern. Hasil observasi ini di lakukan di daerah desa ringin kecamatan pamotan kabupaten rembang.Hasil observasi ini mencakup:
1.perubahan rumah zaman dahulu dan sekarang 
2.fashion zaman dahulu dan sekarang
3.peralatan rumah tangga zaman dahulu dan sekarang
        Di daerah ringin sangat sulit menemukan bentukan rumah maupun barang-barang kuno sangat sulit sedangkan bentukan rumah zaman modern cukup mudah. Hasil foto observasi di dapatkan dari rumah ke rumah dengan bertreveling di desa ringin dengan teman teman dan kami membagi tugas,setiap orang mengambil potret yang berbeda-beda,karena hasil observasi ini dilakukan dengan cara di bagi dan setiap orang mendapatkan tugas bagian masing-masing. Setelah itu kami melakukan analisis terhadap perusahaan apa yang terjadi ketika arsitektur rumah,busana,dan perabotan rumah tangga ketika berubah. Kami fokus terhadap sistem sosial apa yang berubah dari norma sosial,interaksi sosial, kelompok sosial, tindakan sosial,kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial,hingga integrasi sosial.Berikut ini perubahan yang ter jadi dari zaman ke zaman dan selamat membaca.
1.Arsitektur perubahan rumah zaman dahulu dan zaman modern

        Rumah zaman dahulu rata-rata terbuat dari kayu jati. Rumah jaman dahulu memiliki arsitektur yang sangat unik dan punya banyak makna. Rumah zaman dahulu rata-rata terdapat di desa. Berikut ini jenis-jenis rumah jaman dahulu:
 -Rumah Joglo
 -Rumah Limasan
 -Rumah Panggang 

 rumah milik  bapak Junaidi yang beralamatkan di Desa  Ringin Kecamatan Pamotan
(Di potret oleh Akhmad Selamet Azizi,17September 2023)

        Bentuk rumah bapak Junaidi berbentuk rumah Limasan yang berbahan kayu jati,rumah tersebut sudah berdiri sejak tahun 1987.Rumah bapak Junaidi tersebut masih original bentuk rumah Limasan akan tetapi perabotan rumah masih ada sebagian yang sudah modern seperti penggantian jendela yang asalnya kayu menjadi kaca.

        Rumah Zaman Modern (sekarang) kalau kita melihat di kota-kota besar maupun di desa sekarang banyak banget bangunan rumah modern. Rumah modern berbahan dasar batu bata. Alesan orang sekarang memilih rumah modern ketimbang rumah zaman dahulu karena rumah zaman modern bahan nya lebih aman di kantong ketimbang harga kayu jati yang satu pohon nya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut beberapa jenis rumah modern:
 - Gaya modern.
 - Gaya klasik modern.
 - Gaya minimalis.

rumah milik bapak Ahmadi yang beralamatkan di Desa Ringin Kecamatan Pamotan
(Di potret oleh Akhmad Selamet Azizi,17September 2023)


        Bentuk rumah bapak Ahmadi berbentuk rumah modern minimalis  yang berbahan batu bata / tembok. Rumah bapak Ahmadi  tersebut sudah agak moderen yang  berbentuk rumah modern minimalis
Dengan desain yang simpel akan lebih terkesan elegan dan memberikan kesan estetik pada interior rumah.

2.Gaya pakaian zaman dahulu dan zaman modern

        Pakaian zaman dahulu waktu itu masih berbentuk kebaya. Nenek-nenek zaman dahulu lebih suka memakai kebaya dan jarik karena kebaya merupakan pakaian tradisional dari Jawa pada zaman dahulu selain di gunakan sebagai pakaian sehari-hari kebaya juga bisa menjadi ikonik orang Jawa.

Foto tersebut merupakan Mbah Supani yang beralamatkan Desa Ringin Kecamatan Pamotan
(Di potret oleh Akhmad Selamet Azizi,17September 2023)

        Perpaduan antara kebaya hijau yang di padukan dengan bawahan jarik coklat memberikan kesan kejawen.Dan kesan kalem dapat terlihat dengan warna soft yang beliau kenakan.

        pakaian zaman modern anak muda zaman sekarang mengikuti trend fashion. Trend fashion yang lagi ngetrend di kalangan anak muda adalah Korean style dan style dari negara-negara barat.

Foto tersebut merupakan Mas Zainal  yang beralamatkan desa japerejo Kecamatan Pamotan
(Di potret oleh Ak Azizi,17September 2023)

        Terlihat busana modern tersebut memakai seragam sekolah yang di kombinasikan dengan jaket kulit warna hitam pekat se pekat orangnya, yang memberikan kesan tampan pada gambar tersebut.



3.Kendaraan zaman dahulu dan zaman sekarang

        Sepeda  zaman dahulu atau disebut juga sepeda jengki  yang berbentuk klasik dan manual. Sepeda jengki ini biasa digunakan orang orang zaman dahulu untuk pergi ke berbagai tempat seperti sawah,ladang dan untuk pergi ke pasar

Foto tersebut adalah sepeda jengki yang dimiliki oleh bapak giran yang  beralamatkan d ttgesa ringin Kecamatan Pamotan
(Di potret oleh Akhmad selamet Azizi,17September 2023)

        Penggunaan pedah jengki ini dapat di gunakan dengan cara manual mengayuh menggunakan kaki,di lengkapi rantai dan roda yang umumnya ramping membuat kesan ringan dalam pemakaianya.


        Sepeda zaman sekarang atau disebut juga sepeda motor yang berbentuk moderen dan berbasis mesin. Sepeda motor ini biasa digunakan orang orang zaman sekarang  untuk pergi ke berbagai tempat seperti sawah,ladang ,pergi ke pasar dan bisa juga buat pergi sama pacar pada malam mingguan.

Foto tersebut adalah sepeda motor  yang dimiliki oleh kevin beralamatkan desa bogorejo Kecamatan sedan 
(Di potret oleh Kevin Rouf ,17September 2023)

        Sedangkan pada era modern orang-orang lebih menggunakan motor sebagai transportasi.
Selain menghemat waktu dalam berpergian,ini lebih menghemat tenaga dan juga cara penggunaannya yang sangat mudah menjadikan sepeda motor banyak diminati pada era zaman modern.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGRAJIN GERABAH BALONGAN

POTRET DESAKU